Dampak Perubahan Identitas pada Remaja Menurut Menang789

Dampak Perubahan Identitas pada Remaja Menurut Menang789

Perubahan identitas pada remaja dapat memiliki dampak signifikan pada psikososialnya. Identitas diri adalah gambaran bagaimana profil diri, harga diri, kepastian posisi, dan nilai-nilai yang membantu seseorang menjelaskan siapakah dirinya. Pada masa remaja, pembentukan identitas diri akan cenderung lebih terlihat karena kebingungan menghadapi perubahan fisik, anatomik, psikologis, dan sosial yang dipertimbangkan dari nilai-nilai maupun kebudayaan yang berlaku dalam masyarakat.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Identitas pada Remaja

  1. Media Massa dan Norma Sosial
    Perubahan identitas pada remaja dapat dipengaruhi oleh media massa yang kurang mendukung proses penemuan identitas diri dengan baik. Norma sosial yang tidak mendukung juga dapat menyebabkan kekacauan identitas. Remaja yang menyalahi norma kemungkinan besar berada dalam diffussion status, kehilangan arah, tidak melakukan eksplorasi, dan tidak memiliki komitmen terhadap peran-peran tertentu, sehingga tidak dapat menentukan identitas dirinya.
  2. Rasa Tau Etnik dan Kebudayaan
    Pada masa remaja, rasa tau etnik dapat menjadi pusat dari pembentukan identitas. Remaja dalam kelompok minoritas dapat memiliki rasa tau etnik yang lebih kuat dan berpengaruh pada pembentukan identitas diri. Kebudayaan yang berlaku dalam masyarakat juga dapat mempengaruhi perubahan identitas pada remaja.

Dampak Perubahan Identitas pada Remaja

  1. Kekacauan Identitas
    Perubahan identitas pada remaja dapat menyebabkan kekacauan identitas. Remaja yang tidak dapat memenuhi harapan dorongan diri pribadi dan sosial yang membantu mereka mendefinisikan tentang diri dapat mengalami kebingungan identitas. Kekacauan identitas dapat menyebabkan remaja mencari jalan keluar dengan segera, seperti menghindari masalah dan mencari pemuasan.
  2. Pengaruh pada Perkembangan Emosional
    Perubahan identitas pada remaja dapat mempengaruhi perkembangan emosional. Remaja yang tidak memiliki identitas yang kuat dapat mengalami perubahan emosional yang tidak stabil. Identitas yang kuat dapat membantu remaja dalam menghadapi perubahan fisik, emosional, kognitif, dan sosial yang terjadi pada masa remaja.

Kesimpulan

Perubahan identitas pada remaja dapat memiliki dampak signifikan pada psikososialnya. Faktor-faktor seperti media massa, norma sosial, rasa tau etnik, dan kebudayaan dapat mempengaruhi perubahan identitas pada remaja. Kekacauan identitas dan pengaruh pada perkembangan emosional adalah beberapa dampak yang dapat terjadi jika perubahan identitas tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi remaja untuk memiliki identitas yang kuat dan stabil untuk menghadapi perubahan yang terjadi pada masa remaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *